Tips Membasmi Rayap di Plafon

Rayap bisa menyerang bagian rumah mana saja, bahkan plafon rumah. Rayap di plafon bisa membahaya karena dapat menyebabkan keruntuhan. Rayap yang menyerang plafon sebaiknya harus segera dibasmi dan dicegah agar tidak datang lagi, Berikut adalah tips untuk mencegah dan membasmi rayap yang merusak plafon rumah:

 

 

 

 

 

 

  1. Membuat fentilasi ruangan yang cukup

Berikan fentilasi udara yang cukup untuk rumah Anda agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Hal ini bisa mengurangi kelembaban udara dan mencegah datangnya rayap di plafon. Anda juga perlu memberikan fentilasi jika memiliki loteng. Atau berikan sedikit celah agar udara bisa masuk. Cara ini adalah salah satu usaha untuk menghindarkan plafon dari rayap kayu basah yang menyukai tempat lembab.

 

  1. Beri AC di dalam ruangan

Jika sirkulasi udara masih kurang, berikan AC untuk memudahkan proses pergantian udara. AC yang dingin juga mencegah datangnya rayap di plafon. Ruangan yang ber-AC lebih terhindar dari serangan rayap meski tidak seratus persen aman. Tapi setidaknya Anda bisa lebih tercegah dari rayap. Apalagi jika ruangan Anda memiliki banyak perabotan dari kayu atau bambu, rayap akan lebih mudah untuk menyebar hingga ke plafon.

  1. Segera kenali tanda-tandanya

Segeralah kenali tanda-tanda keberadaan rayap sebelum semakin parah. Anda bisa melihat tandanya dari butiran-butiran pasir di sekitar perabotan, atau di lantai. Butiran ini biasanya jatuh dari atas akibat plafon yang hancur dimakan rayap. Maka begitu Anda menemukannya segera cek plafon Anda apakah aman dari rayap. Jika memang benar ada rayap di plafon sebaiknya langsung dibasmi dengan cepat agar tidak semakin menyebar dan merusak.

  1. Semprot dengan larutan pembasmi hama

Membasmi rayap di plafon tidak semudah di perabotan lain. Selain sulit dijangkau, perabotan lain lebih mudah untuk dikeluarkan dari rumah sedangkan plafon tidak. Maka cara untuk membunuh rayap adalah dengan menyemprotkan pembasmi hama. Atau bisa juga menggunakan larutan pembasmi yang Anda buat sendiri. Sebaiknya hindari cairan yang berbau menyengat agar tidak mengganggu aktifitas di dalam rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *